Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

SmartMed Premiere



Kabar gembira untuk kita semua. Pada bulan Agustus 2014, Allianz meluncurkan program asuransi kesehatan yang menanggung biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan limit tahunan 6 miliar. Askes berkategori premium ini dapat digunakan di seluruh dunia, dengan fasilitas kartu cashless khusus di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.
Keunggulan
1. Pembayaran biaya rumah sakit sesuai tagihan (as charge).
2. Limit tahunan 6 miliar rupiah untuk semua plan.
3. Tidak ada batasan manfaat per penyakit.
4. Fasilitas cashless (gesek kartu) di rumah sakit jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.
5. Fasilitas reimburse (penggantian biaya) untuk perawatan di luar jaringan AdMedika.
6. Fasilitas cashless untuk manfaat persalinan dan rawat jalan & gigi.
7. Menanggung manfaat khusus: kemoterapi, dialisis (cuci darah), HIV/AIDS, evakuasi medis dan pemulangan darurat, dan pemakaman.
8. Dapat ditambah dengan rider persalinan dan rawat jalan & gigi.
9. Diskon 5% jika menyertakan anggota keluarga (pasangan dan maksimum 3 anak).
10. Akses ke layanan Allianz Medical Hotline 24 jam 365 hari setahun.
11. Perawatan berlaku di seluruh dunia.
12. Bila perawatan dilakukan di kamar yang lebih tinggi dari plan yang diambil, berlaku inner limit, bukan prorata.
13. Tersedia pilihan co-share dan no claim bonus untuk mendapatkan premi yang lebih murah.

Ketentuan Umum Smartmed Premier
Jenis produkAsuransi murni (tradisional), bukan unitlink.
Masa kontrakSatu tahun, dapat diperpanjang tiap tahun.
Mata uangRupiah.
Manfaat dasarRawat inap.
Manfaat tambahan (rider)
  1. Persalinan
  2. Rawat jalan & gigi
Usia masuk tertanggung15 hari sd 75 tahun (ulang tahun terdekat)Khusus rider Persalinan: 16 sd 45 tahun.
Usia maksimum proteksi80 tahun (ulang tahun terdekat).Khusus rider Persalinan: 46 tahun.
Masa tunggu30 hari dari tanggal polis disetujui untuk perawatan karenasakit.Untuk perawatan karena kecelakaan tidak ada masa tunggu.Khusus melahirkan: 280 hari (9 bulan 10 hari).
Frekuensi pembayaran premiBulanan, triwulanan, semesteran, dan tahunan(Rate lebih mahal untuk premi selain tahunan)
Cara pembayaran premi
  • Untuk cara bayar tahunan dapat menggunakan kartukredit maupun transfer
  • Untuk cara bayar selain tahunan hanya bisa menggunakan kartu kredit
Fasilitas pelayanan klaim
  • Cashless (jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, Malaysia)
  • Reimburse (di luar jaringan AdMedika)
Ketentuan fasilitas cashless
  • Hanya berlaku untuk cara pembayaran premi semesteran dan tahunan.
  • Untuk rawat inap dan persalinan, berlaku di jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.
  • Untuk rawat jalan dan gigi, hanya berlaku di jaringan AdMedika di Indonesia.
Pilihan planAda 10 pilihan plan.A (500rb), B (750rb), C (1jt), D (1,5jt), E (2jt), F (2,5jt), G (3jt), H (4jt), I (5jt), J (6jt)
Pilihan co-share
  1. Rawat inap dan persalinan: 0%, 10%, 20%.
  2. Rawat jalan & gigi: 20%.
Co-share: Nasabah ikut menanggung biaya perawatan sebesar persentase (10% atau 20%), selebihnya ditanggung Allianz.
Co-share lebih besar, premi lebih murah.
Pilihan no claim bonus0%, 20%.Tanpa no claim bonus, premi lebih murah.
Ketentuan polis keluarga
  • Keluarga inti, yaitu suami/istri dan anak-anak (maksimal usia 18 tahun, atau 23 tahun jika kuliah) maksimal 3 anak.
  • Untuk anak di atas 18/23 tahun, atau untuk orangtua, harus membuka polis sendiri.
  • Plan kamar yang diambil harus sama untuk semua tertanggung.
Ketentuan pembayaran klaim sesuai tagihan
  • Hanya berlaku untuk penggunaan kamar sesuai plan yang diambil.
  • Untuk penggunaan kamar di atas plan, berlaku inner limit.
  • Untuk perawatan di Amerika Serikat, berlaku inner limit.
  • Dalam keadaan darurat, jika tidak tersedia harga kamar sesuai plan, member dapat menggunakan kamar dengan harga satu level di atas plan maksimum selama dua hari. Setelah dua hari, member harus kembali ke kamar sesuai plan semula. Jika tidak, akan diberlakukan inner limit.
Penyakit khusus dan HIV/AIDSBerlaku setelah polis berjalan 12 bulan.
Kondisi pre-existing (penyakit yang sudah ada sebelumnya)Apabila ada, akan dikecualikan dari manfaat untuk 60 bulan pertama.
Koordinasi manfaat (jika memiliki polis askes sejenis di perusahaan lain)Jika askes lain dipakai terlebih dahulu, Allianz hanya akan membayar kekurangannya (jika ada). Klaim secara reimburse dengan melampirkan dokumen klaim dari perusahaan lain tersebut.
Keputusan underwriting (penilaian risiko)Tergantung kondisi kesehatan tertanggung, keputusan underwriting ada 5 kemungkinan:
  1. Diterima standar
  2. Diterima dengan ekstrapremi
  3. Diterima dengan pengecualian
  4. Diterima dengan ekstrapremi dan pengecualian
  5. Ditolak
Garansi perpanjanganTidak ada. Jika pernah klaim, akan dikenakan peninjauan ulang.
Perubahan polisPerubahan polis meliputi penambahan atau pengurangan peserta, perubahan plan (naik atau turun), dan penambahan atau pengurangan rider.Perubahan polis hanya bisa dilakukan pada saat ulang tahun polis.
Berakhirnya polis
  1. Saat tertanggung mencapai usia 80 tahun
  2. Pembayaran premi terhenti
  3. Pembatalan oleh pemegang polis
  4. Tertanggung meninggal dunia
Mana yang terjadi lebih dulu.
Tabel Manfaat Smartmed Premier
- Rawat Inap
Tabel manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan A dan B
Tabel manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan C dan D
Tabel Manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan E dan F (klik untuk memperbesar)
- Rider Persalinan dan Rawat Jalan & Gigi
Tabel manfaat Smartmed Premier, Rider Persalinan dan Rawat Jalan & Gigi, Plan a dan B

Cara Pendaftaran Polis
Mengisi Surat Pengajuan Asuransi Kesehatan (SPAK) dengan melampirkan:
  1. Fotokopi KTP tertanggung dan pemegang polis
  2. Fotokopi Akta Lahir (jika ada tertanggung anak)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (jika menyertakan anggota keluarga) atau Buku Nikah (jika suami-istri)
  4. Bukti transfer premi
  5. Salinan resume medis (jika pernah dirawat) atau hasil medical check up (jika ada)
Pembuatan Proposal Ilustrasi
Untuk mendapatkan proposal ilustrasi produk ini, mohon mencantumkan data-data sebagai berikut:
  1. Nama
  2. Jenis kelamin
  3. Tanggal lahir
  4. Pekerjaan
  5. Merokok/tidak
  6. Data anggota keluarga (nama, jenis kelamin, tanggal lahir) jika ingin disertakan
  7. Plan yang diinginkan
  8. Email